Tugas Akhir

LATAR BELAKANG

Tugas Akhir (TA) merupakan karya ilmiah yang dikerjakan mahasiswa untuk memenuhi syarat kelulusan sebagai Sarjana Teknik, yang didasarkan kepada penelitian yang dilakukannya serta dapat dipertanggung jawabkan secara akademis.

Sebagai karya ilmiah, Tugas Akhir harus memiliki bobot serta kualitas yang didasarkan pada nilai keilmuan yang bercirikan hasil penelitian yang dilakukan secara mandiri. Karya ilmiah ini harus menggambarkan kemampuan, dan penguasaan kelimuan dengan memanfaatkan metoda analisis yang berasaskan pada nilai etika dan norma akademika sejalan disilin ilmu yang dituntutnya.

Sebagai karya akademik, Tugas Akhir harus memiliki bobot aktualitas, orisinilitas, relevansi keilmuan yang menggambarkan profesionalisme yang didasarkan pada keilmuan yang menjadi tanggung jawab dengan memperhatikan :

  1. Norma akademik dan etika keilmuan
  2. Hasil penelitian sebelumnya sebagai karya cipta yang digunakan sebagai pendukung penelitian.
  3. Objektif dalam menerima informasi, mengolah, menganalisis, menginterpretasikan dan mengambil kesimpulan yang didasarkan pada model atau metode yang lazim digunakan dan dapat dipertanggung jawabkan.
  4. Relevan dan terintegrasi deangan bidang ilmu Teknik Industri.
  5. Konsistensi dalam sikap dan pandangan, demikian pula dalam penggunaan istilah dan relevansi dukungan penunjang faktual pada seluruh sajian karya akademik, baik yang dikomunikasikan secara tertulis maupun lisan dalam forum.

KARAKTERISTIK TUGAS AKHIR DI JURUSAN TEKNIK INDUSTRI UNPAS

Tugas Akhir di Program Studi TI-UNPAS mempunyai karakteristik sebagai berikut:

  1. Sasaran Tugas Akhir adalah mengitregasikan seluruh kemampuan mahasiswa yang telah diperoleh selama studi studi untuk menyelesaikan suatu permasalahn yang bobotnya memadai dan sifatnya komprehensif mencakup berbagai bidang ilmu, dengan cara penyelesaian yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Permasalahan yang dijadikan topik dapat merupakan suatu problematika yang pemecahannya akan memperbaiki performansi suatu sistem ataupun bagian-bagiannya, atau suatu perumusan konsep/teori baru.
  2. Tugas Akhir yang dilakukan mahasiswa, boleh merupakan salah satu dari tiga bentuk sebagai berikut:
  3. Studi kasus dilakukan untuk mengaplikasikan teori/pendekatan kedalam kasus nyata untuk memecahkan masalah yang ada dalam sistem nyata.
  4. Penelitian dilakukan untuk menjelaskan hubungan kausal dan pengujian hipotesa, evaluasi, prediksi kejadian tertentu dimasa yang akan datang. Penelitian dilakukan pada populasi besar maupun kecil dengan menggunakan data sensus atau sampel, sehingga ditemukan kejadian-kejadian relatif, distribusi, dan hubungan-hubungan anatar variabel, sosiologis maupun psikologis.
  5. Pemodelan dilakukan untuk membahas suatu model atau algoritma, kemudian melakukan pegujian performansi dari model atau algoritma yang dibahas melalui penyelesaian sejumlah persoalan.
  6. Tugas Akhir ditulis dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  7. Tugas Akhir dibagi menjadi:
  8. Tugas Akhir 1 (TA-1) berbobot 2 Satuan Kredit Semester (SKS) yang berisi BAB I, BAB II dan BAB III.
  9. Tugas Akhir 2 (TA-2) berbobot 4 Satuan Kredit Semester (SKS) yang berisi BAB I sampai dengan bab terkahir (BAB V atau BAB VI) sesuai dengan bentuk tugas akhir yang dipilih.

KEWAJIBAN, HAK DAN SANKSI

  1. Mahasiswa wajib mematuhi semua aturan yang tertera pada Buku Pedoman Tugas Akhir dan mengikuti arahan dar Dosen Pembimbing dan atau Dosen penelaah.
  2. Mahasiswa berhak mendapatkn Laporan Kemajuan yang baru bila telah habis atau hilang.
  3. Mahasiswa berhak mendapatkan Buku Pedoman Tugas Akhir secara cuma-cuma yang dibagikan bersamaan pengambilan Laporan Kemajuan.
  4. Pada hakekatnya Dosen Pembimbing dan Dosen Penelaah tidak dapat diganti, namun jika karena suatu hal Dosen Pembimbing atau Dosen Penelaah tidak dapat menjalankan fungsinya dalam kurun waktu yang relatif lama, maka mahasiswa dapat mengajukan Dosen Pembimbing Pengganti atau Dosen Penelaah Pengganti kepada Koordinator Tugas Akhir.
  5. Penjiplakan Tugas Akhir tidak diperbolehkan, sanksi akademis sesuai aturan yang berlaku akan dikenakan kepada mahasiswa yang melakukan penjiplakan.

PROSEDUR TUGAS AKHIR 1

Pendaftaran untuk menjadi peserta TA-1 ditempuh dengan prosedur sebagai berikut:

  1. Matakuliah Tugas Akhir 1 (TA-1) independen terhadap matakuliah Tugas Akhir 2 (TA-2), artinya matakuliah TA-1 boleh diambil terpisah dari matakuliah TA-2. Mahasiswa melakukan perwalian diawal semester untuk mengambil matakuliah TA-1, dengan persyaratan sebagai berikut:
  2. Telah lulus minimal 111 SKS
  3. Telah menyelesaikan semua praktikum kecuali praktikum Sistem Produksi dan praktikum PTLP (Praktikum Perancangan Sistem Industri II).
  4. IPK minimal adalah 2,0.
  5. Sudah/sedang mengambil minimum 2 (dua) matakuliah pilihan yang sedapat mungkin berkaitan dengan materi Tugas Akhir yang diambil.
  6. Matakuliah Keahlian (MKK) tidak boleh bernilai D, dan banyaknya matakuliah yang bernilai D tidak boleh melebihi 12 SKS.
  7. Mahasiswa melakukan pendaftaran untuk pengalokasian Dosen Pembimbing dan Dosen Penelaah dengan membawa Kartu Rencana Studi dan mengisi Formulir Pendaftaran Tugas Akhir. Pendaftaran dilakukan pada jadwal yang ditentukan oleh Koordinator Tugas Akhir.
  8. Penentuan Pembimbing dan Penelaah sesuai dengan topik yang diambil.
  9. Laporan Kemajuan harus diambil oleh Mahasiswa sesuai jadwal yang ditentukan oleh Koordinator Tugas Akhir.
  10. Mahasiswa yang memerlukan Surat Pengantar untuk penelitian Tugas Akhir ke perusahaan disediakan form isian yang bisa diperoleh di Tata Usaha Program Studi Teknik Industri.
  11. Mahasiswa yang belum menyelesaikan laporan TA-1 hingga akhir semester, diwajibkan melakukan Daftar Ulang untuk Perpanjangan TA-1, dengan membawa Laporan Kemajuan lama dan Kartu Rencana Studi untuk semester yang baru.

 

PROSES BIMBINGAN TUGAS AKHIR 1

PROSES BIMBINGAN DENGAN DOSEN PEMBIMBING

Proses bimbingan Tugas Akhir dilakukan melalui prosedur sebagai berikut:

  1. Mahasiswa peserta TA-1 diwajibkan untuk membuat Proposal Penelitian, diaman proses pembuatan proposal tersebut bia dikonsultasikan kepada Dosen Pembimbing.
  2. Jika proposal telah disetujui, selanjutnya mahasiswa mengerjakan BAB I, BAB II dan BAB III.
  3. Mahasiswa melakukan bimbingan secara teratur sesuai jadwal yang diberikan oleh Dosen Pembimbing.
  4. Mahasiswa menandatangani daftar hadir bimbingan dan menyerahkan laporan kemajuan untuk diisi oleh Dosen Pembimbing.

PROSES BIMBINGAN DENGAN DOSEN PENELAAH

  1. Pembimbing mneyatakan bahwa Mahasiswa bimbingannya teah siap untuk diajukan ke Seminar TA, dan tertulis dalam laporan kemajuan.
  2. Mahasiswa membawa draft TA ke Tata Usaha untuk diberikan kepada Dosen Penelaah.
  3. Tata Usaha memberikan draft TA mahasiswa beserta form berita acara penelaahan kepada Dosen Penelaah yang sesuai dengan penunjukkan pada laporan kemajuan dan disertai surat pengantar.
  4. Dosen Penelaah melakukan telaahan terhadap draft TA untuk Seminar TA mahasiswa yang diajukan Dosen Pembimbing dan menuiskannya dalam berita acara penelaahan.
  5. Dosen Penelaah mengembalikan draft TA ke Tata Usaha beserta berita acara penelaahan paling lambat 1 (satu) minggu terhitung draft diterima oleh Dosen Penelaah.
  6. Tata Usaha mengembalikan draft TA mahasiswa kepada Dosen Pembimbing beserta berita acara penelaahan.
  7. Mahasiswa melakukan perbaikan draft TA sesuai rekomendasi dari Dosen Penelaah dibawah arahan Dosen Pembimbing.
  8. Seminar TA dilaksanakan jika perbaikan sudah dilakukan dan tertulis dalam laporan kemajuan, dan sesuai dengan kesepakatan jadwal antara Dosen Pembimbing, Dosen Penelaah dan Mahasiswa.

PENGUJIAN TUGAS AKHIR 1

Pengujian Tugas Akhir disebut sebagai Seminar Tugas Akhir. Tujuan Seminar Tugas Akhir adalah untuk menilai Tugas Akhir 1 mulai dari BAB I, BAB II dan BAB III. Penilaian dilakukan terhadap aspek Materi Tugas Akhir, penulisan dan pemahaman materi oleh tim penguji.

Penilaian Seminar Tugas Akhir akan menghasilkan Nilai Kelulusan (Nilai huruf: A, B atau C) atau Nilai Tidak Lulus (Nilai huruf: E), serta catatan sebagai dasar untu melakukan perbaikan. Tugas Akhir 1 dan rekomendasi untuk bisa melanjutkan ke matakuliah Tugas Akhir 2.

PERSYARATAN MENEMPUH SEMINAR TUGAS AKHIR 1

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh mahasiswa untuk dapat mengikuti Seminar Tugas Akhir adalah:

  1. Mengambil matakuliah Tugas Akhir 1
  2. Telah menyelesaikan Seminar Kerja Praktek.
  3. Tugas Akhir 1 telah disetujui oleh Dosen Pembimbing dan Dosen Penelaah untuk diseminarkan.
  4. Telah menyerahkan laporan Tugas Akhir 1 yang telah disetujui oleh Dosen Pembimbing, paling lambat 3 (tiga) hari sebelum hari Seminar.
  5. Mahasiswa diwajibkan melakukan Seminar Tugas Akhir paling lambat 6 (enam) bulan setelah TA-1 disetujui oleh Dosen Pembimbing. Jika melebihi batas waktu tersebut, maka mahasiswa wajib lapor ke Koordinator TA dan Dosen Pembimbing.

PENGUJI TUGAS AKHIR 1

Tim penguji Seminar Tugas Akhir terdiri dari 2 (dua) dosen, yaitu:

  1. Ketua Seminar merangkap anggota yaitu Dosen Pembimbing;
  2. Anggota Seminar yaitu Dosen Penelaah.

PENILAIAN SEMINAR TUGAS AKHIR 1

  1. Penilaian Sidang Tugas Akhir dilakukan terhadap komponen-komponen penilaian Tugas Akhir, yaitu Bimbingan dengan bobot 0,25; Tugas Akhir dengan bobot 0,35; dan Sidang dengan bobot 0,4.
  2. Nilai kelulusan Tugas Akhir 1 diumumkan setelah selesai Seminar Tugas Akhir.

Mahasiswa yang dinyatakan tidak lulus diwajibkan untuk mengulang Tugas Akhir 1

TUJUAN MATAKULIAH TUGAS AKHIR 2

Matakuliah Tugas Akhir 2 (TA-2) bertujuan membantu peserta menyelesaikan permasalahan yang dirumuskan pada TA-1, melakukan analisis terhadap proses yang dilakukan dan hasil yang diperoleh, serta merumuskan solusi dar permasalahan yang diteliti/dibahas. Materi TA-2 merupakan lanjutan dari materi TA-1 sampai dengan BAB V atau BAB VI sesuai dengan bentuk Tugas Akhirnya.

PROSEDUR TUGAS AKHIR 2

Pendaftaran untuk menjadi peserta TA-2 ditempuh dengan prosedur sebagai berikut:

  1. Mahasiswa harus mengambil matakuliah Tugas Akhir 2 (TA-2) pada saat perwalian.
  2. Laporan Kemajuan TA-1 harus disertakan pada saat melakukan pendaftaran.
  3. Mahasiswa yang belum menyelesaikan laporan TA-2 pada akhir semester, diajibkan melakukan Daftar Ulang untuk Perpanjangan TA-2 dengan membawa Laporan Kemajuan lama dan atau Kartu Rencana Studi untuk semester yang baru.

 

PROSES BIMBINGAN TUGAS AKHIR 2

PROSES BIMBINGAN DENGAN DOSEN PEMIMBING

Proses bimbingan Tugas Akhir 2 dilakukan melalui prosedur sebagai berikut:

  1. Dosen Pembimbing dan Dosen Penelaah pada matakuliah TA-2 adalah sama dengan Dosen Pembimbing dan Dosen Penalaah pada matakuliah TA-1. Mahasiswa tidak diperbolehkan untuk mengganti Dosen Pembimbingnya.
  2. Mahasiswa melakukan bimbingan secara teratur sesuai jadwal yang diberikan oleh Dosen Pembimbing, mulai dari BAB IV sampai dengan BAB V atau BAB VI sesuai dengan bentuk Tugas Akhirnya.

 

PROSES BIMBINGAN DENGAN DOSEN PENELAAH

  1. Pembimbing menyatakan bahwa mahasiswa bimbingannya telah siap untuk diajukan ke Sidang TA dan tertulis dalam laporan kemjuannya.
  2. Mahasiswa membawa draft TA ke Tata Usaha untuk diberikan kepada Dosen Penelaah.
  3. Tata Usaha memberikan draft TA mahasiswa beserta form berita acara penelaahan kepada Dosen Penelaah yang sesuai dengan penunjukkan pada laporan kemajuan dan disertai surat pengantar.
  4. Dosen Penelaah melakukan telaahan terhadap draft TA untuk sidang TA mahasiswa yang diajukan Dosen Pembimbing dan menuliskannya dalam berita acara penelaahan.
  5. Dosen Penelaah mengembalikan draft TA ke Tata Usaha beserta berita acara penelaahan paling lambat 1 (satu) minggu terhitung draft diterima oleh Dosen Penelaah.
  6. Tata Usaha mengembalikan draft TA mahasiswa kepada Dosen Pembimbing beserta berita acara penelaahan.
  7. Mahasiswa melakukan perbaikan draft TA sesuai rekomendasi dari Dosen Penelaah dibawah arahan Dosen Pembimbing.
  8. Sidang TA dilaksanakan jika perbaikan sudah dilakukan dan tertulis dalam laporan kemajuan dan sesuai dengan kesepakatan jadwal antara Dosen Pembimbing, Dosen Penalaah, Mahasiswa dan Dosen Penguji.

PENGUJIAN TUGAS AKHIR 2

  1. Pengujian Tugas Akhir 2 disebut sebagai Sidang Tugas Akhir. Tujuan Sidang Tugas Akhir adalah untuk menilai Tugas Akhir secara komprehensif, baik dari aspk materi, penulisan dan pemahaman materi dimana penilaiannya dilakukan oleh Tim Penguji.
  2. Penilaian Sidang Tugas Akhir akan menghasilkan Keputusan Lulus atau Tidak Lulus serta Yudisium. Nilai Kelulusan berupa (Nilai huruf: A, B atau C dan Nilai Tidak Lulus (Nilai huruf: E).

PERSYARATAN MENEMPUH SIDANG TUGAS AKHIR 2

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh mahasiswa untuk dapat mengikuti Sidang Tugas Akhir adalah sebagai berikut:

  1. Mengambil matakuliah Tugas Akhir 2.
  2. Tugas Akhir 2 telah disetujui oleh Dosen Pembimbing dan Dosen Penelaah untuk disidangkan.
  3. Telah menyerahkan laporan Tugas Akhir 2 yang telah disetujui oleh Dosen Pembimbing, paling lambat 3 (tiga) hari sebelum hari sidang.
  4. Telah menyelesaikan semua matakuliah dengan nilai D tidak lebih dari 12 (duabelas) SKS.
  5. Disetujui oleh Program studi yang dilakukan oleh Koordinator Tugas Akhir untuk sidang dengan mengisi secara lengkap formulir persyaratan sidag (lampiran ke-8) yang dapat diambil di Koordinator Tugas Akhir.
  6. Mahasiswa diwajibkan melakukan Sidang Tugas Akhir paling lambat 6 (enam) bulan setelah TA-2 disetujui oleh Dosen Pembimbing. Jika melebihi batas waktu tersebut, maka mahasiswa wajib lapor ke Koordinator TA dan Dosen Pembimbing.

PENGUJI TUGAS AKHIR 2

Tim Penguji Sidang Tugas Akhir ditentukan oleh Koordinator Tugas Akhir yang terdiri dari 3 dosen dengan keanggotaan sebagai berikut:

  1. Ketua Sidang merangkap anggota yaitu Dosen Pembimbing;
  2. Anggota Sidang, yaitu Dosen Penelaah;
  3. Anggota Sidang, yaitu Dosen Penguji yang mempunyai keahlian sesuai dengan materi Tugas Akhir.

PENILAIAN SIDANG TUGAS AKHIR 2

  1. Penilaian Sidang Tugas Akhir dilakukan terhadap komponen-komponen penilaian Tugas Akhir, yaitu Bimbingan dengan bobot 0,25; Tugas Akhir dengan bobot 0,35; dan Sidang dengan bobot 0,4.
  2. Nilai kelulusan Tugas Akhir 2 diumumkan setelah selesai Sidang Tugas Akhir.
  3. Mahasiswa yang tidak lulus Sidang Tugas Akhir diwajibkan melakukan Sidang Tugas Akhir perbaikan.

FORMAT PENULISAN 

Format penulisan dan pedoman penyusunan Tugas Akhir dapat diunduh di tautan berikut ini :

UNDUH Pedoman Penyusunan Tugas Akhir

UNDUH Template Laporan Tugas Akhir

UNDUH Template Jurnal Tugas Akhir 

loading