Studio UBT

STUDIO UBT diawali dengan penandatanganan Memorandum of Agreement antara Universitas Pasundan dengan North Star Developers Village (NSDevil) Korea Selatan pada tahun 2013.

NSDevil adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi, dimana produk utamanya Learning Management System, yang mengembangan suatu bentuk pengjaran jarak jauh (E-Learning) menjadi suatu sistem yang dikenal dengan nama U-Learning dengan platform Ubiquitous Based Test (UBT). Sistem ini dapat dijalanakan melalui berbagai platform Mobile Device, seperti Android, Blackberry, dan Ipad.

What is UBT ?

UBT kependekan dari “Ubiquitous Base Test” yang artinya test/ujian yang bisa dilaksanakan di mana saja tak terbatas oleh tempat dan alat2 yang merepotkan misalnya meja,kertas dan alat tulis lainnya dan ruangan khusus cukup dengan smart phone/smart device yang kecil dan ringan.

Keunggulan lain dari UBT adalah :

  •  Bisa mengurangi biaya test,terutama dalam pemeriksaan dan pengolahan hasil test
  •  Manejemen pembuatan soal yang efisien dan efektif
  •  Manajemen pelaksanaan test yang efesien dan akurat

Gambar 1. Activities for Education Innovation

Universitas Pasundan menangkap kesempatan untuk menggunakan sistem tersebut untuk selanjutnya akan digunakan dalam proses belajar mengajar, terutamanya untuk melakukan evaluasi hasil pembelajaran (ujian). Adapun aplikasi UBT system ini akan diterapakna di Program Studi Teknik Industri – Fakultas Teknik Universitas Pasundan.

Hingga saat ini, Universitas Pasundan merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi di Indonesia yang menerapkan sistem ini secara aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Tercatat pengguna UBT ini adalah Harvard University dan NY University.

MOA ini merupakan bagian dari pengembangan Universitas Pasundan sebagai implementasi dari motto Unpas :  Moving Toward World Class University.

Penandatangan MOA dilaksanakan  di Aula Kampus Universitas Pasundan,  Jl. Setiabudi 193 Bandung.

Penandatanganan dilakukan oleh Rektor Universitas Pasundan, yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. DR. Ir. H. Eddy Jusuf, SP., MSi, MKomp. dan Mr. Shim Hyongdae, sebagai Head Director / Indonesia Branch, Representatif of Lee Eun Joo, CEO of NSDevil Co. Ltd. dan juga disaksikan oleh DR. Ir. Yudi Garnida, MP., sebagai Dekan Fakultas Teknik, dan Ir. Toto Ramadhan, MT. sebagai Ketua Prodi Teknik Industri, serta segenap sivitas akademika Universitas Pasundan.

Foto-foto kegiatan Studio UBT :

Gambar 2. Peta Pengguna sistem UBT di dunia

Gambar 3. Beberapa Institusi yang tergabung dalam sistem UBT

Gambar 4. Staf UBT dari NS Devil Korea Selatan dan Teknik Industri Unpas

Gambar 5. Foto MoU dan kegiatan UBT bersama mahasiswa

loading